Minggu, 30 Oktober 2016

Meningkatnya kesadaran siswa dan guru dalam menerapkan budaya 5 S sebagai perwujudan pendidikan karakter di SMPN 1 Cugenang

       Mewujudkan pondasi masa depan anak yang berkwalitas dan berkarakter,pada kenyataannya tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Menanamkan nilai nilai kebaikan,kesantunan,kesopanan dan saling menghargai serta menghormati,harus dilakukan secara terus menerus terutama dilingkungan sekolah sebagai lembaga pendidikan.
        Penerapan budaya salam,senyum,sapa,sopan,santun ( 5S ) adalah suatu hal yang sederhana dalam kehidupan sehari hari dan perlu dibiasakan, karena dibalik itu terkandung perwujudan nilai religius,keramahtamahan,saling menghormagi,saling menghargai dan saling mencintai antar sesama.
        Berjabat tangan diantara guru ketika bertemu ,bertegur sapa dengan disertai perilaku yang ramah, merupakan bentuk keteladanan nyata yang bisa dilihat, ditiru dan dipraktekan oleh peserta didik. Sementara bagi peserta didik sendiri, tradisi mencium tangan orang yang dianggap lebih tua,serta bersalaman antar teman disekolah adalah bagian dari perilaku yang bisa ditunjukan dari proses mencontoh apa yang dilakukan oleh guru atau pendidiknya.
         Salah satu alasan mengapa pemerintah menekankan perlunya menerapkan pendidikan karakter dilingkungan sekolah pada khususnya, disebabkan adanya kecendrungan mulai terkikisnya nilai nilai moral yang terjadi pada peserta didik.
          Implementasi pendidikan berbasis karakter sebagai pengembangan kultur budaya lokal di SMPN 1 Cugenang, dilaksanakan melalui perilaku yang mencerminkan budaya 5S dan dilakukan oleh semua warga sekolah termasuk didalamnya unsur kepala sekolah,guru, tenaga administrasi serta para siswa secara keseluruhan. Harapan untuk keberlanjutan program budaya 5S  adalah :
a. Dengan diterapkannya budaya  5S dalam kehidupan sehsri
     hari dilingkungan sekolah, diharapkan seluruh warga SMPN 1
     Cugenang dapat belajar untuk saling menghormati dan meng
      hargai dengan bukti bukan janji
b.  Dengan dilaksanakannya budaya 5S dalam lingkungan seko
      lah ,diharapkan seluruh warga SMPN 1 Cugenang mampu
      menjalin kebersamaan dalam memperkuat tali silaturahmi
C.   Tetap melaksanakan moto bahwa bila harta kita hilang sebe
        narnya tidak ada yang hilang, bila kesehatan kita hilang ada
        sesuatu yang hilang, tetapi bila karakter kita hilang kita akan
        Kehilangan segala galanya
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar